Pelatihan Pembuatan Produk Makanan Berbahan Dasar Ubi Ungu


 Warga Indonesia belum semua mempunyai kesadaran untuk konsumsi makanan karbohidrat non beras. Hal tersebut karena disebabkan tersedianya bahan pangan seperti salah misalnya Ubi Ungu yang belum juga demikian gampang untuk dicari. Peminat ubi umumnya cuma warga dewasa saja yakni dikonsumsi untuk rekan minum teh yang diproses dengan di rebus atau digoreng saja.

Makanan Berprotein Tinggi Untuk Ayam Aduan

Lihat situasi semacam ini,


Untuk mahasiswa KKN Unisri Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Ika Dwi ingin sekali tingkatkan pengendalian pangan lokal serta tingkatkan ekonomi warga terpengaruh COVID 19.


Di bawah instruksi Dosen pembimbing Andika Drajat M.,SIP., MA, Ika juga lakukan training pada warga seputar RT 002 RW 012 Geneng Purwosari Wonogiri untuk bikin produk makanan yang memiliki bahan fundamen Ubi Ungu yang diberi nama "Bola-bola Ubi Ungu Coklat Lumer".


Training dilaksanakan di dalam rumah Ika pada tanggal 23 Agustus 2020, dengan warga seputar yang dibatasi banyaknya tentu saja untuk selalu jaga protocol kesehatan.


Sedikit bahan yang dipakai untuk bikin bola-bola ubi ungu coklat lumer, berbahan hanya ubi ungu, tepung terigu serta tepung maizena untuk kombinasi, coklat tangkai untuk isi, lalu tepung panir untuk kulitnya. Arah Ika pilih membuat bola-bola ubi ungu coklat lumer ialah supaya bukan hanya orang dewasa saja yang ketertarikan konsumsi ubi, tetapi beberapa anak akan ketertarikan konsumsi ubi sebab coklat lumernya ini yang menarik buat beberapa anak. Serta memang betul waktu training tempo hari banyak beberapa anak yang turut mencicip dari hasil bola-bola ubi coklat lumer serta ternayata benar-benar menyenanginya.


Dokpri Kecuali lakukan training dalam pengerjaan bola-bola ubi ungu coklat lumer Ika mengajari bagaimana supaya bola-bola ubi ungu coklat lumer dapat mempunyai nilai jual serta banyak yang tertarik. Kecuali bola-bola ubi ungu coklat lumer nya yang menarik dengan luar yang garing, dalemnya yang berwarna ungu, serta coklatnya yang lumer perlu mengepak bola-bola ubi ungu dengan menarik.


Pengemasan yang di ajarkan yakni memakai besek kecil. Memakai besek kecil bertambah estetik begitu lah bahasanya anak zaman saat ini.


Disamping itu pemakaian besek dapat juga kurangi sampah plastik. Dengan paket yang bertambah menarik warga jadi dapat jual makanan yang memiliki bahan fundamen dari pangan lokal ini menjandi produk makanan modern yang bisa banyak disukai oleh semua usia dengan nilai jual yang cukup supaya tingkatkan ekonomi warga yang terpengaruh COVID 19.


Postingan populer dari blog ini

Soes Jenderal, Bisnis Makanan dengan Trik Marketing Jitu

Apakah Bisnis Kita Butuh Aplikasi?

Duduk Perkara Memahami Kerugian Pertamina, Apakah Wajar?